Biaya Masuk Candi Prambanan: Harga Tiket Masuk, Diskon, dan Tips Hemat

Biaya Masuk Candi Prambanan: Harga Tiket Masuk, Diskon, dan Tips Hemat

Candi Prambanan, salah satu situs warisan dunia yang terletak di Yogyakarta, adalah tujuan wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan candi-candi Hindu ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Candi Prambanan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah biaya masuk. Dalam artikel ini, kami akan membahas harga tiket masuk, diskon yang tersedia, serta memberikan tips hemat untuk mengunjungi Candi Prambanan.

Harga tiket masuk Candi Prambanan dapat bervariasi tergantung pada kategori pengunjung. Untuk pengunjung domestik, tiket masuk reguler adalah sebesar Rp. 50.000,- per orang. Sedangkan bagi pengunjung asing, tiket masuk reguler dikenakan harga Rp. 150.000,- per orang. Namun, harga tiket ini belum termasuk tiket masuk ke area Candi Sewu yang terletak di sekitar Candi Prambanan.

Untuk mendapatkan diskon tiket masuk Candi Prambanan, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Misalnya, bagi wisatawan yang menggunakan Kapsul Waktu Prambanan seharga Rp. 30.000,- per orang, dapat menunjukkan bukti pembelian tiket tersebut kepada petugas di pintu gerbang. Selain itu, terdapat juga diskon khusus untuk mahasiswa dan pelajar di mana mereka hanya perlu membayar setengah harga dari tiket masuk reguler.

Biaya Masuk Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia, terutama bagi pecinta sejarah dan kebudayaan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Candi Prambanan, penting untuk mengetahui biaya masuk yang berlaku. Berikut adalah informasi terkait tarif tiket masuk dan opsi tiket paket yang bisa Anda pilih.

Tarif Tiket Masuk Candi Prambanan

Menurut situs resmi Candi Prambanan, terdapat perbedaan tarif tiket masuk untuk wisatawan domestik dan wisatawan asing. Untuk wisatawan domestik dewasa, harga tiket masuk adalah Rp50.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak wisatawan domestik, tarif tiketnya adalah Rp25.000. Tarif tiket untuk wisatawan asing dewasa mencapai Rp300.000, sementara untuk anak-anak wisatawan asing, harga tiketnya adalah Rp100.000.

Biaya masuk yang dikenakan ini merupakan kontribusi untuk pemeliharaan dan pengembangan Candi Prambanan sebagai warisan budaya Indonesia.

Tiket Candi Prambanan Plus Ratu Boko

Jika Anda ingin mengunjungi tidak hanya Candi Prambanan, tetapi juga kompleks Ratu Boko, Anda dapat membeli tiket paket. Tiket ini akan memberikan akses ke kedua destinasi ini dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk wisatawan domestik dewasa, tiket paket ini dibanderol dengan harga Rp135.000. Sedangkan untuk anak-anak wisatawan domestik, tarifnya adalah Rp70.000. Bagi wisatawan asing dewasa, harga tiket paket ini adalah Rp475.000, dan untuk anak-anak wisatawan asing, tarifnya mencapai Rp275.000.

Baca Juga :   Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Biaya Masuk SDIT Insantama Bogor

Keuntungan dari membeli tiket paket ini adalah Anda bisa mengunjungi dua tempat indah sekaligus dengan harga yang lebih ekonomis. Selain itu, Anda juga dapat menikmati perjalanan yang lebih variatif dan mendapatkan pengalaman wisata yang lebih lengkap.

Tiket Masuk Prambanan dan Sewa Kostum

Tidak hanya mengunjungi Candi Prambanan, Anda juga memiliki kesempatan untuk menyewa kostum khas Jawa saat berada di lokasi candi. Hal ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dan memperkaya kunjungan Anda. Biaya sewa kostum ini adalah Rp20.000 per jam. Namun, Anda perlu memperhatikan bahwa ada biaya penggantian sebesar Rp50.000 jika terjadi kerusakan atau kehilangan kostum.

Dengan mengenakan kostum tradisional Jawa, Anda dapat merasakan sensasi menjadi bagian dari kebudayaan Jawa kuno. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di sekitar candi dengan kostum tersebut, sehingga menghasilkan kenangan yang unik dan menarik selama perjalanan Anda di Candi Prambanan.

Sumber: https://candiprambanan.co.id

Cara Membeli Tiket Masuk Candi Prambanan

Untuk menghindari antrean panjang di loket tiket, Anda dapat membeli tiket masuk Candi Prambanan secara online. Kunjungi situs resmi Candi Prambanan dan pilih opsi pembelian tiket online. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima e-tiket yang nantinya dapat Anda tukarkan dengan tiket fisik di loket tiket Candi Prambanan.

Membeli Tiket Secara Online

Menurut situs resmi Candi Prambanan, Anda dapat menghindari antrean panjang di loket tiket dengan membeli tiket masuk secara online. Caranya sangat mudah, yaitu kunjungi situs resmi Candi Prambanan dan pilih opsi pembelian tiket online. Setelah memilih jumlah tiket yang diinginkan, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Setelah berhasil melakukan pembayaran, Anda akan menerima e-tiket melalui email atau aplikasi yang Anda gunakan.

Saat Anda sampai di Candi Prambanan, Anda perlu menukar e-tiket dengan tiket fisik di loket tiket yang tersedia. Jadi, pastikan Anda membawa e-tiket yang sudah Anda dapatkan. Tukarkan e-tiket Anda dengan tiket fisik di loket tiket, kemudian tiket fisik tersebut akan menjadi akses masuk Anda ke Candi Prambanan.

Tiket Terusan dengan Transportasi

Bagi Anda yang tidak ingin repot mencari transportasi menuju Candi Prambanan, ada pilihan tiket terusan yang telah termasuk transportasi. Menurut DailySocial.id, beberapa agen perjalanan dan travel menawarkan paket tiket terusan dengan transportasi. Dalam paket tersebut, Anda akan mendapatkan tiket masuk ke Candi Prambanan serta transportasi dari kota tertentu menuju candi yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Baca Juga :   Biaya Masuk TK Asy Syukriyyah Tangerang: Informasi Lengkap dan Terbaru

Untuk membeli tiket terusan dengan transportasi, Anda bisa mencarinya melalui agen perjalanan atau travel yang terpercaya. Pastikan Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai jam keberangkatan, rute transportasi, serta tiket masuk yang termasuk dalam paket tersebut.

Waktu dan Jam Buka Candi Prambanan

Menurut situs resmi Candi Prambanan, candi ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 18.00 sore. Namun, perlu diingat bahwa jam operasional dapat berubah tergantung pada kegiatan ritual tertentu yang dilaksanakan di Candi Prambanan.

Menurut detik.travel, penyelenggara Candi Prambanan seringkali membatasi akses wisatawan pada jam-jam tertentu ketika ada kegiatan ritual. Maka dari itu, penting untuk memeriksa jadwal dan jam operasional terkini sebelum mengunjungi Candi Prambanan untuk memastikan pengalaman wisata yang lancar.

Jadi, pastikan Anda memeriksa informasi terbaru mengenai waktu dan jam buka Candi Prambanan sebelum melakukan perjalanan ke tempat ini agar Anda bisa mengatur waktu kunjungan dengan baik.

[Sumber artikel: situs resmi Candi Prambanan, DailySocial.id, dan detik.travel]

Paket Wisata Candi Prambanan

Jika Anda ingin merasakan pengalaman wisata yang lebih lengkap, ada beberapa paket wisata Candi Prambanan yang bisa Anda pilih. Paket-paket ini dirancang untuk menggabungkan kunjungan ke Candi Prambanan dengan atraksi lainnya atau menyediakan fasilitas khusus untuk kelompok Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas tiga paket wisata yang populer di Candi Prambanan.

Paket Wisata Candi Prambanan Plus Malioboro

Jika Anda ingin mengunjungi tidak hanya Candi Prambanan saja, tetapi juga ingin menikmati atmosfer Malioboro, ada paket wisata yang menggabungkan keduanya. Dalam paket ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi Candi Prambanan dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Malioboro untuk belanja. Waktu kunjungan di setiap tempat akan ditentukan sesuai dengan durasi paket yang Anda pilih. Harga paket ini bervariasi tergantung dari fasilitas yang disediakan dan durasi kunjungan.

Paket Wisata Candi Prambanan Plus Ratu Boko

Jika Anda ingin merasakan keindahan Candi Prambanan dan kompleks Ratu Boko sekaligus, ada pilihan paket wisata yang menggabungkan keduanya. Dalam paket ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi kedua tempat tersebut dalam satu perjalanan. Durasi kunjungan dan fasilitas yang disediakan akan disesuaikan dengan paket yang Anda pilih. Harga paket ini juga bervariasi tergantung dari fasilitas dan durasi kunjungan.

Paket Wisata Candi Prambanan untuk Kelompok

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan wisata bersama keluarga atau teman-teman, Anda juga dapat memilih paket wisata Candi Prambanan khusus untuk kelompok. Paket ini biasanya menawarkan fasilitas yang diperuntukkan khusus untuk kelompok, seperti transportasi khusus, pemandu wisata, dan makanan. Dengan memilih paket ini, Anda dapat menghemat biaya karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli tiket dan fasilitas secara terpisah.

Tinggalkan komentar