Biaya Masuk Candi Borobudur: Tiket, Jam Buka, dan Promosi Terkini

Biaya Masuk Candi Borobudur: Tiket, Jam Buka, dan Promosi Terkini

Mengunjungi Candi Borobudur adalah salah satu pengalaman yang tak terlupakan saat berwisata ke Yogyakarta. Candi ini menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Menyuguhkan keindahan dan keagungan arsitektur Buddha, Candi Borobudur menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang berencana berkunjung, sudahkah Anda mengetahui tentang biaya masuk, jam buka, dan promosi terkini yang ada?

Untuk menikmati keindahan Candi Borobudur, Anda perlu memperhatikan tiket masuk yang harus dibayar. Harga tiket berbeda-beda tergantung pada kategori pengunjung, yaitu wisatawan domestik atau mancanegara, serta usia pengunjung. Tiket untuk wisatawan domestik umumnya lebih murah daripada tiket untuk wisatawan mancanegara. Selain itu, terdapat juga tiket khusus untuk keluarga yang menyediakan paket diskon untuk jumlah pengunjung tertentu. Jadi, pastikan Anda mengetahui biaya masuk yang berlaku sebelum mengunjungi Candi Borobudur.

Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi. Namun, sangat disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menikmati keindahan candi dengan lebih baik dan menghindari keramaian pengunjung. Selain itu, cuaca di pagi hari biasanya lebih sejuk, sehingga membuat pengalaman Anda lebih menyenangkan. Apabila Anda berencana mengunjungi Candi Borobudur pada saat libur nasional atau akhir pekan, pastikan Anda datang lebih pagi lagi untuk menghindari antrean panjang saat membeli tiket.

Tarif Biaya Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia. Dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur menarik minat wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjunginya. Bagi mereka yang berencana mengunjungi Candi Borobudur, ada beberapa informasi penting yang perlu diketahui terkait biaya masuk ke candi ini.

Biaya Masuk untuk Wisatawan Lokal

Bagi wisatawan lokal, biaya masuk ke Candi Borobudur tergolong terjangkau. Sesuai dengan kebijakan pemerintah, harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan domestik ditetapkan dengan tarif yang relatif murah. Menurut sumber dari situs resmi Taman Wisata Candi (https://borobudurpark.com/), biaya masuk untuk wisatawan lokal adalah sebagai berikut:

– Dewasa: Rp 30.000

– Pelajar: Rp 12.500

– Anak usia kurang dari 6 tahun: GRATIS

Untuk masuk ke area Candi Borobudur, wisatawan lokal diwajibkan menunjukkan identitas diri yang sah, seperti kartu identitas atau kartu pelajar. Dengan membayar biaya masuk yang terjangkau ini, para wisatawan lokal dapat menikmati keindahan Candi Borobudur serta fasilitas yang ada di dalamnya.

Biaya Masuk untuk Wisatawan Asing

Bagi wisatawan asing, biaya masuk ke Candi Borobudur tentu saja berbeda dengan wisatawan lokal. Sesuai dengan kebijakan yang berlaku, tarif tiket masuk untuk wisatawan asing lebih tinggi dibandingkan wisatawan lokal. Berikut adalah informasi terkait biaya masuk untuk wisatawan asing:

– Dewasa: Rp 475.000

– Pelajar: Rp 395.000

– Anak usia kurang dari 6 tahun: GRATIS

Sebagai informasi tambahan, tiket masuk untuk wisatawan asing mencakup paket wisata yang lebih lengkap, termasuk akses ke Museum Candi Borobudur dan Museum Karmawibhangga.

Jadi, dengan membayar tiket masuk sesuai dengan tarif yang telah ditentukan, wisatawan asing dapat menikmati keindahan dan keajaiban Candi Borobudur, serta menikmati fasilitas lainnya yang disediakan.

Sumber: Taman Wisata Candi (https://borobudurpark.com/)

Biaya Masuk untuk Wisatawan Lokal

Biaya masuk ke Candi Borobudur merupakan salah satu pertimbangan penting bagi wisatawan lokal yang ingin mengunjungi tempat tersebut. Dalam hal ini, terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan terkait biaya masuk untuk wisatawan lokal.

Biaya masuk berdasarkan tingkatan usia

Biaya masuk Candi Borobudur bagi wisatawan lokal biasanya dibedakan berdasarkan tingkatan usia. Berikut adalah rincian biaya masuk berdasarkan tingkatan usia:

  • Dewasa (17-60 tahun): Rp. 40.000,-
  • Anak-anak (3-17 tahun): Rp. 15.000,-
  • Lanjut usia (di atas 60 tahun): Rp. 30.000,-
Baca Juga :   Biaya Masuk IBS MTsN 31 Jakarta: Informasi Lengkap yang Perlu Diketahui

Adanya pembagian biaya masuk berdasarkan tingkatan usia ini bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap lanjut usia serta mendorong partisipasi anak-anak dalam mengenal warisan budaya Indonesia.

Potongan harga untuk pelajar, mahasiswa, dan lanjut usia

Bagi pelajar dan mahasiswa, Candi Borobudur memberikan potongan harga khusus sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan dan pembelajaran. Potongan harga ini diberikan kepada pelajar dan mahasiswa yang dapat menunjukkan kartu pelajar atau kartu mahasiswa yang masih berlaku saat membeli tiket masuk. Rincian potongan harga sebagai berikut:

  • Pelajar: Rp. 5.000,-
  • Mahasiswa: Rp. 10.000,-

Selain itu, juga terdapat potongan harga khusus untuk wisatawan lokal yang termasuk dalam kelompok lanjut usia. Wisatawan ini dapat menikmati potongan harga sebesar Rp. 10.000,- dari harga tiket masuk dewasa.

Syarat membawa kartu identitas yang sah

Untuk mendapatkan biaya masuk yang sesuai dengan tingkatan usia dan mendapatkan potongan harga, wisatawan lokal diwajibkan membawa kartu identitas yang sah. Kartu identitas ini sebagai bukti yang valid untuk menunjukkan status usia, baik saat membeli tiket maupun saat masuk ke kompleks Candi Borobudur. Beberapa kartu identitas yang dapat digunakan antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Pelajar
  • Kartu Mahasiswa
  • Kartu Tanda Pencari Kerja
  • Kartu Tanda Penyandang Disabilitas

Pastikan kartu identitas yang dibawa masih berlaku dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak pengelola Candi Borobudur. Dengan memenuhi persyaratan ini, wisatawan lokal dapat menikmati pemotretan dan menjelajahi keindahan Candi Borobudur dengan biaya masuk yang terjangkau.

Sumber: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Biaya Masuk Wisata Candi Borobudur.” https://www.kemenparekraf.go.id/post/biaya-masuk-wisata-candi-borobudur

Biaya Masuk untuk Wisatawan Asing

Tarif yang berbeda untuk wisatawan asing

Menyambut para wisatawan dari luar negeri, Taman Wisata Candi Borobudur menerapkan tarif khusus untuk wisatawan asing yang ingin mengunjungi candi ini. Tarif yang dikenakan kepada wisatawan asing berbeda dengan tarif yang berlaku bagi warga lokal. Hal ini disesuaikan dengan kebijakan pemerintah guna mendukung sektor pariwisata Indonesia dan memperkenalkan keindahan warisan budaya Indonesia kepada dunia.

Menurut penuturan Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan asing saat ini adalah Rp 350.000 per orang. Tarif ini sudah termasuk akses ke area candi dan museum serta penggunaan fasilitas lain yang tersedia di dalamnya. Dengan harga tersebut, wisatawan asing dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dan mengenal lebih dekat sejarah dan budaya di baliknya.

Tambahan biaya untuk membawa kamera dan tripod

Bagi wisatawan asing yang ingin membawa kamera dan tripod saat mengunjungi Candi Borobudur, akan ada tambahan biaya yang dikenakan. Menurut kebijakan PT TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur, para pengunjung asing harus membayar biaya tambahan untuk membawa peralatan fotografi ini. Biaya yang dikenakan untuk membawa kamera adalah Rp 30.000 dan untuk membawa tripod adalah Rp 50.000.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keasrian dan kelestarian Candi Borobudur serta menghindari kerusakan atau gangguan yang bisa ditimbulkan oleh para pengunjung dengan peralatan fotografi mereka. Dengan membayar tambahan biaya ini, pengunjung asing dapat memotret dan mengabadikan momen berharga mereka di Candi Borobudur dengan aman dan nyaman.

Pembayaran dalam mata uang lokal atau US Dollar

Pengunjung asing yang ingin mengunjungi Candi Borobudur dapat melakukan pembayaran tiket masuk dalam mata uang lokal (Rupiah) atau dalam US Dollar. Hal ini menjadi kemudahan bagi para wisatawan asing yang tidak memiliki Rupiah dalam dompet mereka. Meskipun demikian, penutaran harga tetap mengacu pada nilai tukar resmi yang berlaku saat itu.

Pada umumnya, harga tiket masuk Candi Borobudur dalam mata uang Rupiah lebih menguntungkan karena tidak ada risiko nilai tukar yang fluktuatif. Namun, bagi para pengunjung asing yang lebih nyaman membayar dalam US Dollar, opsi ini juga disediakan untuk kenyamanan mereka.

Sumber: Taman Wisata Candi Borobudur

Penawaran Khusus dan Diskon

Di Candi Borobudur, terdapat beberapa penawaran khusus dan diskon yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Penawaran ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih terjangkau dan istimewa bagi mereka yang ingin mengunjungi situs candi yang megah ini.

Baca Juga :   Biaya Masuk Ponpes Bas Tuban: Fakta, Informasi, dan Panduan yang Perlu Anda Ketahui

Potongan harga untuk grup atau rombongan

Bagi mereka yang datang dalam kelompok atau rombongan, Candi Borobudur menawarkan potongan harga khusus. Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada kelompok besar untuk menghemat biaya masuk dan menikmati keajaiban candi ini bersama-sama.

Menurut sumber dari situs resmi Candi Borobudur, potongan harga untuk grup atau rombongan hanya berlaku jika jumlah peserta mencapai jumlah minimum tertentu. Syarat dan ketentuan berlaku dan pengunjung disarankan untuk menghubungi pihak candi sebelumnya untuk mengetahui informasi terkini mengenai potongan harga ini.

Promo spesial pada hari-hari tertentu

Candi Borobudur juga seringkali menawarkan promo spesial pada hari-hari tertentu, seperti hari libur nasional atau musim liburan. Promo ini bisa berupa potongan harga khusus atau paket wisata dengan tambahan fasilitas menarik.

Menurut sumber dari situs resmi Candi Borobudur, promo spesial ini biasanya diumumkan secara berkala melalui media sosial mereka dan situs resmi. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung terus memantau informasi terbaru untuk tidak melewatkan kesempatan menikmati promosi ini.

Paket wisata yang mencakup biaya masuk

Bagi pengunjung yang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap, Candi Borobudur juga menyediakan paket wisata yang mencakup biaya masuk. Dengan memilih paket wisata ini, para pengunjung tidak perlu repot mengatur semua detail perjalanan mereka sendiri, karena semua sudah termasuk dalam satu paket yang mudah diakses.

Menurut sumber dari situs resmi Candi Borobudur, paket wisata ini biasanya mencakup biaya masuk, makanan dan minuman, pemandu wisata, dan transportasi. Dengan demikian, para pengunjung dapat lebih fokus menikmati keindahan candi dan mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket wisata yang tersedia dan harga yang berlaku, pengunjung disarankan untuk mengunjungi situs resmi Candi Borobudur atau menghubungi pihak candi melalui kontak yang tertera.

Biaya Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Bagi para wisatawan, penting untuk mengetahui informasi mengenai biaya masuk ke Candi Borobudur. Dalam artikel ini, kami akan memberikan detail tentang biaya masuk ke Candi Borobudur agar Anda dapat merencanakan kunjungan dengan baik.

Tiket Masuk

Untuk mengunjungi Candi Borobudur, Anda perlu membeli tiket masuk. Tiket dapat dibeli di lokasi atau melalui layanan online. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik adalah [harga tiket domestik]. Sementara itu, wisatawan asing dikenakan biaya masuk sebesar [harga tiket asing].

Tiket Sunrise

Salah satu momen paling populer untuk mengunjungi Candi Borobudur adalah saat matahari terbit. Agar bisa menyaksikan pemandangan indah ini, Anda dapat membeli tiket sunrise. Tiket sunrise memiliki harga yang berbeda dari tiket masuk reguler. Harga tiket sunrise untuk wisatawan domestik adalah [harga tiket sunrise domestik], sedangkan untuk wisatawan asing adalah [harga tiket sunrise asing].

Tiket Sunset

Terdapat juga opsi untuk mengunjungi Candi Borobudur saat matahari terbenam. Tiket sunset juga memiliki harga yang berbeda dari tiket masuk reguler. Harga tiket sunset untuk wisatawan domestik adalah [harga tiket sunset domestik], sementara untuk wisatawan asing adalah [harga tiket sunset asing].

Tiket Kombinasi

Selain tiket masuk reguler, tiket sunrise, dan tiket sunset, Candi Borobudur juga menyediakan tiket kombinasi. Tiket kombinasi memungkinkan Anda untuk mengunjungi Candi Borobudur dan atraksi lain di sekitar area tersebut dengan harga yang lebih terjangkau. Harga tiket kombinasi bervariasi tergantung dari atraksi yang Anda ingin kunjungi.

Berapa Jumlah Biaya Masuk Candi Borobudur?

Untuk menghitung jumlah biaya masuk Candi Borobudur, Anda perlu mempertimbangkan jenis tiket yang ingin Anda beli. Jika Anda hanya ingin mengunjungi Candi Borobudur dengan tiket masuk reguler, maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah tiket masuk domestik atau asing sesuai dengan status kewarganegaraan.

Jika Anda tertarik untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam di Candi Borobudur, maka Anda perlu membeli tiket sunrise atau tiket sunset sesuai dengan harga yang telah ditentukan. Namun, jika Anda ingin menghemat biaya, Anda dapat memilih tiket kombinasi untuk mengunjungi Candi Borobudur dan atraksi lain di sekitarnya dengan harga yang lebih terjangkau.

Penting untuk diingat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa informasi terbaru mengenai biaya masuk Candi Borobudur sebelum melakukan kunjungan.

Sumber:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. “Candi Borobudur.” Visit Indonesia, www.indonesia.travel/id/id/destinasi/java/candi-borobudur.

Tinggalkan komentar